en id

News

> Go to CSR
Public Service Information System Menu
News

GRAND FINAL PEMILIHAN DUTA BANDARA SAM RATULANGI MANADO 2019

04 Apr 2019

kembali ke list


Manado - Pemilihan Duta Bandara kembali digelar tahun ini, bertempat di Grand Kawanua Convention Center Manado, Kamis (4/4). Setelah lolos dalam tahapan seleksi Duta Bandara Sam Ratulangi Manado 2019 yang terdiri dari seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara terjaring delapan finalis, empat putra dan empat putri, untuk unjuk kemampuan dalam grand final.

Berbeda dengan pemilihan Duta Bandara sebelumnya, kali ini PT Angkasa Pura I (Persero) memberikan kesempatan bukan hanya putri namun juga bagi putra daerah yang aktif, kreatif dan berbakat. Para finalis ini memiliki latar  belakang sebagai mahasiswa, fresh graduate, dan karyawan swasta. Adapun finalis Duta Bandara Sam Ratulangi Manado 2019 yakni :
1. Darmaputra Mangetan
2. Desmon Rumengan
3. Gracela Kindangen
4. Jeheskel Lengkong
5. Brenda Tuilan
6. Aulia Larasati
7. Lois Debora Mantik
8. Ireneus Henry Edah

“Tugas duta bandara yakni sebagai ambassador yang nantinya akan memberi pelayanan pertama bagi penumpang dan tentunya sebagai representasi Bandara Sam Ratulangi dalam mengenalkan bandara dan pariwisata di Sulawesi Utara,” ungkap Minggus E.T Gandeguai, General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado.

Minggus menjelaskan bahwa para finalis terpilih harus mampu untuk menyampaikan pesan-pesan positif bagi masyarakat bukan hanya terkait informasi aturan dan pelayanan kebandarudaan namun juga mampu memberikan informasi terkait pariwisata daerah dan mempromosikannya. Para pemenang selanjutnya akan bertugas sebagai duta bandara selama periode 2019-2021.

“Saya tertarik untuk menjadi Duta Bandara karena ingin mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan diri, serta tentunya menambah wawasan saya terkait kebandarudaraan dan pariwisata,” ungkap Brenda, salah satu finalis Duta Bandara Sam Ratulangi.

Dalam kegiatan grand final ini, tim juri terdiri dari General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T Gandeguai;  Jane Barantian dari Dinas Pariwisata Kota Manado; dan Deasy Mundung, Indonesia Transport Academy. Dalam kegiatan pemilihan Duta Bandara 2019 ini finalis akan dinilai berdasarkan wawasan terkait kebandarudaraan, pariwisata, pengetahuan umum dan bakat yang dimiliki.

Setelah dilaksankan penilaian, pemenang Duta Bandara 2019 yang terpilih adalah Aulia Larasati dan Jeheskel Lengkong sebagai juara I serta Brenda Tuilan dan Desmon Rumengan sebagai juara II. Masing-masing pemenang juara I berhak atas hadiah sebesar Rp 7 juta dan juara II mendapat Rp 5 juta. Sebelum menjalankan fungsi sebagai Duta Bandara, para pemenang selanjutnya akan berangkat menjalani karantina di Jakarta untuk pembekalan dan berkompetisi dengan para Duta Bandara dari 13 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero). [Humas MDC]