en id

News

> Go to CSR
Public Service Information System Menu
News

PEMBUKAAN POSKO NATARU BANDARA SAM RATULANGI : MUSIM MUDIK YANG LANCAR, AMAN, DAN NYAMAN

19 Dec 2019

kembali ke list


MANADO – Posko Terpadu Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru (NATARU) 2019/2020 kembali dilaksanakan di Bandara Sam Ratulangi Manado. Penyelenggaraan Posko Terpadu Nataru ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk menjamin keamanan dan keselamatan serta mengoptimalkan jasa pelayanan udara dalam pelaksanaan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 melalui pembentukan Posko Terpadu Angkutan Udara di seluruh Bandar Udara khususnya di Bandara Sam Ratulangi Manado. Adapun acara pembukaan Posko Terpadu kali ini dilaksanakan di area lobby bandara pada Kamis (19/12). 

Dalam sambutannya selaku inspektur apel, Minggus E.T Gandeguai selaku General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado menyampaikan bahwa selama periode Januari hingga November 2019 Bandara Sam Ratulangi Manado telah melayani sebanyak 2.022.842 penumpang atau mengalami penurunan sekitar 21% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal ini berbanding terbalik dengan arus wisatawan mancanegara yang masuk ke Sulawesi Utara melalui Bandara Sam Ratulangi Manado, dimana sejak Januari hingga November 2019 tercatat sebanyak 121.730 wisman berkunjung ke Sulawesi Utara atau mengalami kenaikan sebanyak 5% dibanding tahun 2018.

“Pertama-tama perkenankan saya mewakili manajemen menyampaikan apresiasi kepada seluruh instansi terkait yang berkenan untuk meluangkan waktu dan tenaganya untuk melaksanakan tugas mulia dalam melayani para penumpang melalui partisipasinya dalam pelaksanaan Posko Nataru selama 18 hari, sejak tanggal 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020,” ujar Minggus. 

Minggus menambahkan diproyeksikan selama periode posko ini akan terjadi peningkatan pergerakan penumpang sebanyak 2% atau sebesar 123.477 penumpang dibandingkan periode posko tahun lalu yang mencapai 120.191 penumpang, sedangkan pergerakan kargo diprediksi akan meningkat mencapai 13% atau sebesar 765 ton. 

“Melihat cuaca saat ini yang sering turun hujan cukup deras, perlu menjadi perhatian ekstra kita bersama adanya kemungkinan  keterlambatan (delay) atau pengalihan penerbangan (divert) dikarenakan cuaca sehingga perlu diantisipasi khususnya terkait pelayanan terhadap penumpang yang terdampak. Saya berharap Posko Nataru ini dapat berjalan lancar serta bermanfaat bagi para pengguna jasa khususnya para penumpang yang akan melakukan mudik Natal dan Tahun Baru melalui Bandara Sam Ratulangi,” pungkas Minggus.

Tercatat sebanyak 95 personel gabungan yang terlibat dalam Posko Terpadu NATARU kali ini, selain internal PT Angkasa Pura I (Persero) terdapat personel eksternal yang akan bergabung diantaranya Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara, Kantor Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, Airnav Indonesia, TNI-AU Manado, TNI-AL Manado, Polsek Kawasan Bandara, BMKG, KKP, Basarnas, PT Jasindo, Airlines dan Ground Handling. [HUMAS MDC]