en id

News

> Go to CSR
Public Service Information System Menu
News

PERGERAKAN PENUMPANG DOMESTIK BANDARA SAM RATULANGI MENINGKAT 28%

13 Jun 2022

kembali ke list


Manado – Sepanjang periode Januari hingga Mei 2022, tercatat pergerakan penumpang domestik yang melalui Bandara Sam Ratulangi Manado mengalami peningkatan sebesar 28% atau sebanyak 489.747 penumpang, sedangkan pada periode yang sama tahun lalu tercatat 384.112 penumpang domestik yang melalui Bandara Sam Ratulangi Manado.

Sementara itu, secara total keseluruhan terdapat 496.950 jumlah penumpang domestik dan internasional yang melalui Bandara Sam Ratulangi Manado atau naik 26% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu dengan total 393.233 penumpang. 

Yanti Pramono, Stakeholder Relation Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, menyampaikan bahwa peningkatan jumlah pergerakan penumpang pada periode Januari hingga Mei tahun 2022 ini, salah satunya dipengaruhi dengan adanya perubahan kebijakan pemerintah terkait aturan perjalanan yang lebih mempermudah masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara. 

“Sudah diprediksi akan ada peningkatan jumlah pergerakan penumpang pada periode ini jika dibandingkan tahun lalu khususnya pada bulan Mei, hal ini dipengaruhi adanya perbedaan aturan perjalanan dimana pada bulan Mei tahun 2021 ada kebijakan pemerintah terkait peniadaan mudik Lebaran dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19,” ungkap Yanti.

Pergerakan penumpang pada bulan Mei menjadi yang tertinggi sepanjang tahun 2022, tercatat pada bulan Mei pergerakan penumpang mencapai 117.779 dengan rata-rata 3.926 penumpang per hari yang tiba, berangkat, dan transit di Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Sesuai SE Kemenhub Nomor 56 Tahun 2022, penumpang yang sudah menerima vaksin dosis kedua dan ketiga tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil test Covid-19 baik RT-PCR maupun Rapid Test Antigen, sehingga diharapkan ini dapat terus membawa angin segar pada industri penerbangan dan pariwisata,” ujar Yanti.

Seiring dengan peningkatan jumlah pergerakan penumpang, pergerakan pesawat juga mengalami peningkatan sebanyak 3% atau sebanyak 5.584 penerbangan, sedangkan pada periode Januari-Mei 2021 tercatat pergerakan sebanyak 5.426. [HUMASMDC]